Senin, 03 Oktober 2011

Ada Kumbang jantan Yang Lebih Memilih Mengawini Botol Bir dibanding Kumbang Betina

Spesies kumbang jantan Jewel Autralia (Julodimorpha bakewelli) ternyata sangat tertarik dengan botol bir coklat gemuk yang di Autralia disebut sebagai “stubby”. Ketertarikan tersebut membuat para kumbang jewel jantan mencoba untuk mengawini botol bir “stubby” tersebut dengan tidak memperdulikan teriknya sinar matahari yang pada akhirnya akan membuat mereka mati kepanasan.

Hal tersebut secara tak sengaja menarik perhatian Professor Darryl Gwynne, seorang ahli ekologi tingkah laku dari University of Toronto Mississauga. Bersama dengan rekannya dari Autralia, Dr David Rentz dari James Cook University di Queensland, mereka akhirnya mempelajari hal tersebut dan menemukan bahwa kumbang jantan hanya tertarik dengan botol bir “stubby” saja, tidak dengan kaleng bir atau botol anggur. Setelah diusut, ternyata botol bir “stubby” tersebut mirip dengan kumbang betina.

Hasil penelitian mereka dalam bentuk sebuah paper berjudul 'Beetles on the Bottle: Male Buprestids Mistake Stubbies for Females' akhirnya dipublikasikan di Australian Journal of Entomology pada tahun 1983. Pada tahun 2011, penelitian tersebut akhirnya memperoleh penghargaan di ajang Ig Nobel Prize ke 21. Ig Nobel prize merupakan sebuah ajang penghargaan yang merupakan parodi dari penghargaan Nobel yang diadakan secara rutin setiap tahun di Harvard University, Amerika. Semua peraih "Ig Nobel Prize" ini mendapat piala yang diserahkan oleh peraih penghargaan nobel yang sebenarnya.

Meski merupakan parodi, penghargaan ini bukan berniat mencemooh. Tujuannya justru menjaring hasil-hasil penelitian aneh tapi nyata yang dapat membuat orang tertawa tetapi kemudian memikirkannya. Harapannya, minat terhadap sains, teknologi dan kesehatan meningkat dengan cara ini.

beetle jewel (Julodimorpha bakewelli)stubby
Kumbang jewel betina (Julodimorpha bakewelli) dan botol bir “stubby”.

Kumbang jewel jantan yang mencoba mengawini botol bir Kumbang jewel jantan yang mencoba mengawini botol bir yang mempunyai warna dan bentuk mirip dengan kumbang jewel betina.

Rame-rame para kumbang jantan mencoba mengawini sebuah botol birRame-rame para kumbang jantan mencoba mengawini sebuah botol bir.

komik kecoa

referensi:
- sains.kompas.com/read/2011/10/02/14255795/Penelitian.Teraneh.Dapat.Penghargaan
- www.dailymail.co.uk/sciencetech/article-2043698/Ig-Nobel-prize-winners-Beetle-sex-beer-bottle-study-gets-award.html
- www.earthtimes.org/nature/beetles-keeping-it-bottled-up/1440/
- drhoz.livejournal.com/792597.html
- www.flickr.com/photos/26816223@N07/3968901199/

Get Paid To Promote, Get Paid To Popup, Get Paid Display Banner

Ada Kumbang jantan Yang Lebih Memilih Mengawini Botol Bir dibanding Kumbang Betina
http://bangnian.blogspot.com/2011/10/kumbang-mengawini-botol-bir.html

0 komentar:

Posting Komentar